Amanah Supplier

Mengurai Perbedaan Etika Dan Etiket Yang Sering Rancu

Banyak dari Anda yang mungkin masih terjebak dalam pemahaman salah mengenai perbedaan etika dan etiket. Pasalnya, kedua istilah tersebut sering rancu dalam pemaknaannya yang disangka sama. Keduanya memang memiliki bahasan mengenai perilaku manusia. Namun, pada beberapa hal dalam segi arti, makna, serta penerapannya cukup berbeda.

Perbedaan Etika dan Etiket

Pemberlakuannya

Etika

Etika dikenal sebagai sebuah ilmu tentang kesusilaan dengan berbagai ketentuan-ketentuan yang berkaitan pada bagaimana seharusnya manusia hidup di lingkungan Masyarakat. Agar kemudian Anda memahami dengan benar mengenai hal yang baik dan buruk untuk dilakukan atau tidak. Pada kedudukan sebagai cabang filsafat kemudian berkaitan dengan penilaian normatif, benar atau salah.

Berdasarkan hal tersebut, pemberlakuannya bisa dilakukan kapanpun dalam berbagai aspek kehidupan pribadi ataupun bermasyarakat. Siapa saja dapat terikat secara langsung pada alam bawa sadarnya. Sehingga kontrol terus berlaku walaupun tidak ada orang yang menyaksikannya.

Etiket

Berbeda dengan etika, etiket lebih condong dalam pemaknaan perilaku yang sesuai, pas, sopan, ataupun terhormat. Keberadaannya difungsikan untuk mengatur segala hal terkait cara berperilaku dalam sebuah pergaulan. Secara garis besar juga berkaitan dengan adat, perbuatan, kebiasaan, hingga cara-cara tertentu yang menjadi sebuah panutan dalam kelompok.

Sifat

Etika

Perbedaan etika dan etiket yang kedua terletak pada sifatnya, dimana Etika bentuknya sudah absolut. Ringkasnya, ketentuan di dalamnya sudah menjadi sebuah prinsip yang tidak bisa ditawar. Setiap perbuatan baik akan mendapatkan pujian dan berlaku sebaliknya terhadap perilaku buruk yang berimbas pada sebuah hukuman.

Contohnya adalah ketika mencuri adalah salah, maka dimanapun dan kapanpun itu dilakukan akan berimbas pada pemberian hukuman sebagaimana telah disepakati.

Etiket

Berdasarkan sifatnya, Etika bentuknya relative, dimana bisa jadi di suatu tempat atau daerah tindakan yang dilakukan buruk, namun di lain tempat berlaku sebaliknya. Singkatnya, waktu dan budaya mempengaruhi kedudukannya dalam sebuah tindakan.

Contohnya yaitu ketika kebiasaan menggunakan tangan kiri di sebagian wilayah dianggap tidak sopan. Namun, di beberapa daerah lainnya dianggap sebagai hal yang biasa dan bukan sebuah masalah.

Sudut Pandang dan Kaitan dengan Kehidupan Sehari-hari

Etika

Pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari berkaitan langsung dengan pemberian norma dalam perilaku secara individu. Seperti saat mengambil atau merusak barang orang, secara spontan akan timbul rasa bersalah. Etika selalu melihat tindakan manusia dalam sudut pandang batiniah.

Etiket

Sedangkan Etiket, lebih pada bagaimana seharusnya orang berperilaku dalam kebaikan. Contohnya yaitu saat makan menggunakan tangan kanan, dan jika dilakukan sebaliknya maka dianggap melanggar. Namun, ketentuan itu bisa saja tidak berlaku saat Anda sedang sendiri atau berada di daerah lain. Hal itu terjadi karena didasarkan pada sudut pandang lahiriahnya.

Itulah perbedaan etika dan etiket mungkin bisa membantu Anda untuk pemahaman yang lebih mendalam secara maknawi ataupun penerapannya.

Exit mobile version