Pengertian Dialektika Menurut Para Ahli

Dialektika sebenarnya berawal dari dialog, yang merupakan komunikasi yang terjadi secara dua arah. Perlu Anda ketahui bahwa istilah ini sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Seiring perkembangan zaman, kata dialog juga dikembangkan menjadi dialektika. Untuk memahami apa itu dialektika, berikut ini disampaikan pengertian dialektika menurut pendapat para ahli.

Berikut ini Penjelasan Mengenai Pengertian Dialektika

1. Menurut KBBI

Dalam KBBI dijelaskan bahwa dialektika dipahami sebagai langkah yang digunakan untuk menganalisa sebuah permasalahan  menggunakan daya nalar dan kemampuan berbahasa. Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa seseorang harus mencapai tingkat daya nalar tertentu supaya mampu memahami hal tertentu, sehingga Anda tidak akan merasa kebingungan.

2. Menurut Plato

Plato memberikan pendapatnya mengenai pengertian dialektika. Menurut Plato, dialektika diartikan sebagai sebutan yang biasa dipakai ketika sedang mendeskripsikan sebuah metode argument yang memiliki nilai filosofis yang tinggi serta melibatkan sejenis proses yang tidak selaras antar pihak yang bertentangan.

Definisi yang disampaikan oleh Plato ini masih dapat disempurnakan dengan pandangan yang lebih maju di masa yang akan datang. Sebab pemikiran manusia akan terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan zaman yang terjadi.

3. Menurut Peter L. Berger

Berger menyampaikan bahwa manusia wajib untuk memiliki dua aspek, yakni sebagai kenyataan yang bersifat subjektif dan yang bersifat objektif. Sedangkan kedua aspek itu bisa didapatkan dari pengakuan yang dibuat oleh masyarakat dengan sebuah proses tertentu yang disebut dengan proses dialektis.

Berger juga menyampaikan jika agama juga merupakan salah satu komponen yang ada dalam kebudayaan yang hidup di suatu kelompok masyarakat. Hal tersebut karena adanya proses dialektika yang terjadi dalam pandangan masyarakat terhadap agama yang dianutnya. Perlu diketahui bahwa agama ini termasuk dalam kenyataan yang bersifat objektif.

4. Menurut Hegel

Hegel merupakan seorang filsuf Jerman pada abad 19. Pengertian dialektika yang disampaikan oleh beliau yaitu sebuah metode dalam melakukan sebuah proses yang berlawanan dengan dengan pihak lain. Dalam hal ini, perbedaannya terletak pada sebuah logika.

pengertian dialektika menurut hegel

Menurut pandangan Hegel, metode yang sebelumnya dianggap kurang maju, sehingga dirinya berusaha agar memajukan metode tersebut. Di dalamnya, Hegel menciptakan sebuah karakteristik tertentu yang tetap mengandung nilai filosofis tertentu. Dirinya juga menerapkan hal tersebut pada karya yang berhasil dibuat dan telah banyak diterbitkan.

5. Menurut Mark

Pendapat yang disampaikan oleh Mark cukup berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Hegel. Mark mempunyai cara tersendiri dalam melakukan dialektika. Bahkan sebenarnya, apa yang disampaikan oleh Mark berbanding terbalik dengan apa yang disampaikan oleh Hegel.

Jika berdasarkan pendapat Hegel bahwa proses dalam otak berupa cara berfikir yang disebut dengan istilah ide, justru Mark merubahnya menjadi subjek yang berdiri sendiri. Mark menganggap bahwa dunia nyatalah yang merupakan bentuk fenomenal dari suatu proses yang disebut ide.

Mark juga menyampaikan bahwa perubahan akan selalu terjadi secara berkelanjutan bahkan sebabnya sulit untuk teridentifikasi. Di samping itu, dalam proses tersebut dapat memunculkan kesadaran sosial dalam masyarakat.

Pengertian dialektika yang sudah dijelaskan oleh beberapa ahli tersebut dapat Anda pahami dengan baik. Sehingga Anda dapat mengerti bahwa ketika masalah sedang menghampiri, maka Anda harus menggunakan daya berfikir Anda, sehingga masalah tersebut bisa teratasi dengan baik. Di samping itu, Anda juga bisa meminimalisir kesalahpahaman karena pemahaman yang kurang menyeluruh.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *