Etika yang Harus Dipatuhi Psikolog Sebagai Seorang Profesional

Setiap seorang profesional, psikolog juga memiliki aturan atau etika yang harus dipatuhi. Dengan demikian apapun yang dilakukan oleh seorang ahli psikologi selalu sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, tidak sembarang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Berikut ini etika yang harus dipatuhi psikolog dalam rangka menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Etika yang Harus Dipatuhi Psikolog dalam Menjalankan Tugas

Setiap tindakan yang dilakukan oleh seorang psikolog harus sesuai dengan kebutuhan akan kompetensi dan kewajibannya sebagai seorang profesional. Sehingga dalam menjalankan tugasnya, dirinya harus menghormati adanya hak prerogatif dan kewajiban dari institusi yang menaunginya.

  • Berkaitan dengan Kompetensi

Setiap profesi psikolog harus selalu berusaha untuk memelihara standar kompetensi yang telah ditetapkan. Dalam bidang ilmu psikologi dipahami adanya lingkup kompetensi serta segala keterbatasan teknis dalam memberikan pelayanan. Sehingga apapun yang diberikan oleh psikolog harus sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dalam standar profesional.

Hal tersebut ini merupakan salah satu etika yang harus dipatuhi psikolog. Sebab, dalam psikologi terdapat sebuah aturan untuk menjaga informasi yang bersifat ilmiah serta profesional yang berkaitan dengan pelayanan kepada para klien.

  • Berkaitan dengan Tanggung Jawab

Sebagai seorang psikolog, maka seseorang harus menghargai integritas dan obyektivitas profesinya dalam menjaga komitmen akan pemahaman tingkah laku manusia. Sehingga dirinya harus memberikan pelayanan dengan menerapkan standar tertinggi dari profesi yang dilakukannya.

psikolog profesional yang menjalankan tugas sesuai etika
Psikolog profesional

Dengan demikian, dalam menjalankan tugasnya, seorang psikolog harus selalu bertanggung jawab atas pelayanan yang diberikan kepada kliennya. Mereka juga harus memastikan bahwa setiap upaya yang dilakukannya sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan selalu siap dengan konsekuensi atas pekerjaan yang dilakukan.

  • Berkaitan dengan Kesejahteraan Pengguna

Seorang psikolog harus selalu menjaga integritas dan kesejahteraan pihak-pihak yang menjalin hubungan dengannya. Ketika muncul adanya konflik kepentingan yang terjadi antara institusi psikolog dengan klien, maka psikolog wajib menerangkan bahwa dirinya harus selalu memegang teguh komitmennya sebagai seorang profesional.

Sebagai seorang profesional, dirinya dapat memberikan informasi terkait dengan pendidikan, pelatihan, prosedur evaluasi, dan penanggulangan secara penuh kepada klien. Psikolog memiliki kebebasan kepada para klien dalam menentukan apakah akan berpartisipasi ataukah tidak.

  • Berkaitan dengan Standar Hukum dan Moral

Etika yang harus dipatuhi psikolog dalam hal ini sama dengan masyarakat pada umumnya, baik sebagai seorang profesional maupun sebagai warga negara. Sehingga standar hukum dan standar moral yang berlaku kepada khalayak umum, berlaku pula kepada psikolog tanpa terkecuali.

  • Berkaitan dengan Pertanyaan Publik

Seorang psikolog diharuskan untuk menyediakan informasi yang lengkap, sehingga masyarakat umum dapat memberikan penilaian untuk menentukan pilihan tertentu. Selain sebagai sarana bagi masyarakat dan calon klien, hal ini juga dapat sebagai cara promosi supaya pelayanan seorang psikolog dikenal oleh masyarakat luas.

  • Berkaitan dengan Konfidensialitas

Segala jenis informasi yang diperoleh dari klien tidak diperkenankan untuk sembarang disebarluaskan oleh seorang psikolog. Dengan kata lain, psikolog harus melindungi segala informasi dari proses yang meliputi investigasi, mengajar, maupun praktik. Sebab, jenis informasi semacam itu tidak diperkenankan untuk diinformasikan kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Itulah etika yang harus dipatuhi psikolog ketika sedang menjalankan perannya sebagai seorang profesional. Dirinya harus memisahkan antara kepentingan diri pribadi dengan kepentingan pekerjaannya, sehingga integritas dari seorang psikolog tetap terjaga dan tetap mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *