Amanah Supplier

Contoh Etika Bisnis Bagi Pebisnis Pemula

Berbisnis bukan sekedar menjual atau melakukan penawaran barang dengan pembeli ataupun investor. Tentunya hal pertama yang harus disiapkan adalah Business plan yang matang. Tujuan yang jelas serta  pembangunan citra positif usaha Anda tidak serta merta tanpa resiko dan tanggungjwab. Untuk itulah diperlukan sebuah contoh etika bisnis untuk mewujudkannya.

Contoh Etika Bisnis

Contoh etika bisnis pertama dan yang utama adalah jujur. Nilai ini merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh seorang pembisnis. Semua akan berhubungan dengan bagaimana reputasi dibangun pada klien ataupun penanam modal yang tertarik dengan usaha Anda.

Perilaku adalah cerminan dari cara kerja seseorang, maka lakukan dengan cara yang baik. Terutama saat melakukan interaksi dengan rekan, menjaga sikap adalah hal utama yang harus selalu diingat. Selain itu, jangan ada perbedaan perlakuan kepada siapapun, karena citra baik itu dibangun dengan cara yang konsisten dan tidak pilih kasih.

Sebagai sebuah kematangan bersikap, kedewasaan adalah tolak ukur utamanya. Tidak semestinya jika sifat kekanak-kanakan kemudian dibawa hingga ke dalam cara berfikir dan pengambilan keputusan. Karena hal ini menjadi penentu keberlanjutan dari perusahaan yang sudah dibangun.

Kesan pertama seseorang dilihat dari bagaimana cara berbusana sebagai gambaran atas penghargaan diri sendiri. Penggunaan pakaian yang tidak sesuai, bisa menimbulkan persepsi akan ketidakseriusan seseorang. Bahkan jika perlu gunakan parfum untuk menambah karisma dan pesona, selain juga memperhatikan kerapian, keserasian, dan kebersihan.

Karena konteks yang dijalani adalah tujuan serius, maka gunakan bahasa formal yang baik dan benar. Tujuannya adalah agar semua informasi dan juga pendapat Anda bisa dimengerti dan dihargai oleh pihak lain. Juga dalam hal ini bisa menambah kesan profesionalitas yang dimiliki.

Saat Anda mengajukan sebuah perkenalan, etika yang baik adalah menyebutkan nama terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar orang yang bersangkutan merasa dibutuhkan dan juga gampang mengingat nama Anda. Terlebih jika memiliki kartu nama yang merepresentasikan jabatan Anda, itu akan memberikan nilai lebih.

Saat melakukan sesuatu atau meminta tolong jangan lupa selalu ucapkan terimakasih. Ini adalah bentuk penghargaan dan penghormatan atas usaha yang dilakukan orang lain. Sehingga, setiap orang merasa dihargai, terlebih jika Anda memiliki sesuatu yang bisa diberikan dalam bentuk fisik seperti hadiah ataupun bonus.

Jika pada suatu momen Anda menjadi tuan rumah dalam sebuah pertemuan yang diadakan di luar kantor, maka usahakan untuk membayarkannya. Karena hal ini menunjukkan bagaimana sikap tanggung jawab yang dimiliki sebagai partner kerja ataupun atasan. Itulah beberapa contoh etika bisnis yang banyak diterapkan dalam perusahaan pada umumnya. Jika menginginkan usia panjang pada usaha Anda lakuan semua dengan taat dan konsisten.  

Exit mobile version